Berita Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Subscribe to Berita Provinsi Kepulauan Bangka Belitung feed
Updated: 5 hours 14 min ago

Babel Butuh Lebih Banyak ASN Pengawas Perikanan

Wed, 02/21/2018 - 16:34

PANGKALPINANG-- Kepala Bappeda Provinsi Babel yang juga menjabat sebagai Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Fery Insani mengatakan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membutuhkan lebih banyak ASN Pengawas Perikanan.

Hal tersebut diungkapkan Fery saat memberikan arahan dalam kegiatan Temu Teknis JFT Pengawas Perikanan Rabu (21/2) di Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan.

Panen Padi di Belitung Timur Berlangsung Meriah

Wed, 02/21/2018 - 14:58

MANGGAR Panen perdana padi ume di Desa Lilalang Kecamatan Gantung berlangsung meriah pada Selasa (20/2) pagi. Para petani dan keluarganya tampak semangat mengetam padi.

Tak tampak arit apalagi peralatan modern dalam panen raya di atas lahan satu hektar milik Desa Lilangan tersebut. Semuanya menjaga tradisi, menggunakan alat tradisional dan kearifan lokal.

3 Menteri Wanita Bakal Hadiri Rakornas di Babel

Wed, 02/21/2018 - 14:10

PANGKALPINANG – Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Kependudukan Pencatatan Sipil, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana ( DPC3ASKB) Babel Susanti mengatakan bahwa rapat koordinasi dengan panitia daerah yang terdiri dari perwakilan OPD di lingkungan pemerintah provinsi pada Rabu (21/2) digelar guna membahas kesiapan teknis penyelenggaraan acara rakornas perempuan dan perlindungan anak yang diselenggarakan di Babel  sebagai tuan rumah pada tanggal 28 Februari hingga 2 Maret 2018.

KPK Dorong Penggunaan e-Planning dan e-Budgeting

Wed, 02/21/2018 - 14:05

PANGKALPINANG-- Ada empat titik rawan yang menjadi tindak pidana korupsi di pemerintahan menurut Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata. Pertama pada saat proses penyusunan dan alokasi APBN/D, kedua proses Pengadaan Barang dan Jasa, ketiga Pelayanan Publik dan Perijinan dan keempat pada saat rekruitmen, promosi, dan mutasi pegawai.

Menurut Marwata, KPK ingin proses perencanaan penganggaran yang mengakomodir kepentingan publik, bebas intervensi pihak luar melalui implementasi e-planning dan e-budgeting.

DKUKM Babel Ingin Optimalkan Peran PPKL

Wed, 02/21/2018 - 13:53

PANGKALPINANG--Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ingin mengoptimalkan peran PPKL (Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan) untuk meningkatkan pemahaman perkoperasian masyarakat di Bangka Belitung.

"PPKL harus memberikan penyuluhan dan pengetahuan kepada masyarakat tentang koperasi agar dapat aktif dalam perkoperasian. Dengan peran PPKL yang baik, maka koperasi yang tidak aktif akan menjadi kopeasi aktif dan sehat," ujar Hj. Elfiyena Kadis KUKM Babel di hadapan para PPKL pada acara Pelatihan Perkoperasian Bagi PPKL di Balat Kop UMKM di Pangkalpinang Selasa (20/2).

Tahun 2020 Babel Harus Bebas Malaria

Wed, 02/21/2018 - 13:44

PANGKALPINANG - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulyono Susanto menegaskan Kepulauan Bangka Belitung harus bebas malaria tahun 2020.

Dalam kegiatan Pertemuan Monitoring dan Evaluasi Program Pengendalian Penyakit Malaria di Hotel Sun Pangkalpinang Selasa (20/2), Mulyono mengatakan keseriusan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam menangani malaria diperkuat dengan Peraturan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Nomor 35 Tahun 2009.

Benih Padi Hasil Penangkaran Mulai Dipanen Petani

Wed, 02/21/2018 - 13:34

BELITUNG--Sejumlah produsen benih padi dari berbagai kelompok tani (poktan) yang tergabung dalam Program Desa Mandiri Benih (DMB) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mulai melakukan panen benih dari kegiatan penangkaran. Di Kabupaten

Belitung misalnya, panen dimulai sejak pertengahan Pebruari 2018 dan diperkirakan berakhir hingga awal Maret 2018.

LPPL Selawang Segantang Kunjungi Inradio

Tue, 02/20/2018 - 21:05

Pangkalpinang -- Tim Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Selawang Segantang Kabupaten Bangka Tengah melakukan kunjungan kerja ke LPPL Inradio, bertempat di Kantor Serba Guna Komplek Perkantoran Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Selasa ( 20/02/2018 ).

Kapolda Sampaikan 6 Komponen Keberhasilan Pilkada

Tue, 02/20/2018 - 20:52

Pangkalpinang, Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Brigjen Pol Syaiful Zachry mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan pilkada di Bangka Belitung menjadi Pilkada yang aman dan damai. 

Ajakan itu disampaikan Kapolda saat acara Istiqosah dan Deklarasi Pilkada Damai Kabupaten Bangka Tahun 2018 di Gedung Sepintu Sedulang Sungailiat, Selasa 20 Februari 2018.

Pemprov Babel Miliki Program Beasiswa untuk Hafidz Quran

Tue, 02/20/2018 - 19:48

PANGKALPINANG--Pemerintah Provinsi kepulauan Bangka Belitung akan menanggung seluruh biaya kuliah untuk para Hafidz dan Hafidzon yang mampu menghafal 30 jus AlQuran dari pendidikan SI sampai dengan S2.

"Semuanya kita tanggung menggunakan APBD Pemprov Babel, dan mereka tidak boleh pulang sampai selesai kuliah dan mereka dibebaskan untuk memilih jurusan yang mereka sukai dan jurusan yang diminati". Ungkap Gubernur saat usai Audiensi dengan Hafidz dan Harrison beserta orangtua di ruang kerja Gubernur pada Selasa (20/2).

Gubernur Ingin Pelaksanaan Pilkada Baik dan Damai

Tue, 02/20/2018 - 19:16

Pangkalpinang, Semua pihak yang terlibat dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kabupaten/kota di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung agar berkomitmen untuk mewujudkan Pilkada damai dan bisa menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Jadikan pilkada sebagai media silaturahmi dan media untuk menjadikan Bangka Belitung yang lebih baik.

Sekjen PBSI Bertemu Dengan Gubernur Bahas Turnamen Bulutangkis Grandprix 2018

Tue, 02/20/2018 - 17:55

Pangkal pinang – Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Suharto menyatakan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendukung rencana Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) yang akan menunjuk Provinsi Bangka Belitung sebagai tuan rumah olahraga bulutangkis Grand Prix 2018. Hal tersebut disampaikan Suharto usai mendampingi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung ketika bertemu dengan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBSI Achmad Budihartono, Selasa (20/02/2018).

Pansus HTI DPRD Babel Gelar Rapat Bersama Mitra

Tue, 02/20/2018 - 16:36

PANGKALPINANG-Bertempat di ruang Pansus DPRD, Pansus Hutan Tanaman Industri (HTI) yang diketuai oleh Aksan Visyawan melaksanakan rapat kerja yang dihadiri Dinas Kehutanan Provinsi, Biro Hukum Setda Babel, BPN Babel, WALHI dan perwakilan masyarakat Bangka Barat.

Rapat pada Selasa pagi (20/2) ini dilakukan terkait perizinan HTI yang ada di wilayah Bangka Belitung.

Gubernur Dukung Upaya KPK Untuk Kebaikan Masyarakat

Tue, 02/20/2018 - 15:42

PANGKALPINANG-- – Demi optimalisasi pemberantasan korupsi di berbagai daerah, Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI) menggelar rapat koordinasi sebagai bagian dari program pemberantasan korupsi terintegrasi di Provinsi Bangka Belitung.

Acara tersebut digelar pada  Selasa (20/2) di ruang Pasir Padi Kantor Gubernur yang  dihadiri oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Gubernur Minta Rumah Sakit Harus Selalu Diawasi

Tue, 02/20/2018 - 13:37

PANGKALPINANG--Rumah sakit sebagai salah satu fasilitas pelayanan kesehatan memiliki peran yang sangat strategis dalam upaya mempercepat derajat kesehatan masyarakat. Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersungguh-sungguh dan terus-menerus berupaya untuk meningkatkan mutu pelayanan baik yang bersifat promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitasi. 

Mahasiswa Indonesia dan Malaysia KKN di Belitung Timur

Tue, 02/20/2018 - 12:58

MANGGAR -- Sebanyak 251 mahasiswa Indonesia dan 44 orang mahasiswa Malaysia dari 33 perguruan tinggi swasta melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik dengan tema “Merajut Nusantara 2018” di Kabupaten Belitung Timur yang dimulai pada tanggal 19 Februari hingga 4 Maret 2018.

Selama KKN, mahasiwa yang didampingi para dosen tersebut berada di Desa Baru, Senyubuk dan Pulau Buku Limau dengan melakukan pengabdian pada program pendidikan, kesehatan, pariwisata dan industri kreatif.

Infrastruktur Dukung Keberhasilan Pariwisata

Tue, 02/20/2018 - 12:40

PANGKALPINANG--Pengembangan pariwisata menjadi salah satu prioritas Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sesuai dengan RPJMD Babel 2017-2022. Infrastruktur diharapkan mendukung keberhasilan pariwisata yang ada di Prov. Bangka Belitung.

Kabid Infrastruktur dan Kewilayahan Bappeda Babel Supianto mengatakan, infrastruktur Kawasan Strategis Prioritas Nasional (KSPN) Tanjung Kelayang dan dua Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang akan di tetapkan pada tahun 2018, KEK Tanjung Gunung dan KEK Pantai Timur Sungailiat harus menjadi perhatian.

Stunting Dapat Dicegah Melalui Pemberdayaan Masyarakat

Tue, 02/20/2018 - 12:28

PANGKALPINANG – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Melati Erzaldi menegaskan bahwa pencegahan stunting dapat dilakukan dengan cara memberdayakan masyarakat melalui keluarga. PKK sebagai mitra pemerintah berperan untuk menggerakkan masyarakat dan keluarga mengenai cara meningkatkan kualitas gizi.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Tim Penggerak PKK dalam acara Seminar Hari Gizi ke-58 yang diselanggarakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Hotel Soll Marina –Bangka Tengah Senin (19/2).

Tim Padua Suara Pemprov Babel Telah Kuasai 3 Lagu

Tue, 02/20/2018 - 12:18

PANGKALPINANG-- Paduan suara Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sudah menguasai sedikitnya tiga lagu. Tiga lagu itu terdiri atas dua lagu nasional dan satu lagu daerah. Demikian diungkapkan Jujur Sinaga, Koordinator sekaligus Mentor Paduan Suara Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam latihan rutin di Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (20/2).

Sampai hari ini, paduan suara Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sudah tujuh kali melakukan latihan vokal. Latihan dilaksanakan selama satu setengah jam setiap hari.

Jadi Tuan Rumah Pertemuan Nasional YPAC Minta Dukungan Pemprov Babel

Tue, 02/20/2018 - 07:35

PANGKALPINANG--Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada tahun 2019 akan menjadi tuan rumah Pertemuan Nasional Yayasan Pendidikan Anak Cacat (YPAC).  Untuk itu Ketua Umum Pengurus YPAC Pangkalpinang Andi Fikri meminta dukungan dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Pages