Babel Nominasi Juara Nasional Lomba Toga

Air Itam, Pangkalpinang – Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menjadi nominasi juara Lomba Pemanfaatan Hasil Tanaman Obat Keluarga (Toga) tingkat nasional. Dari 12 provinsi terpilih dalam penilaian, Babel berada pada peringkat empat besar.

Sekretaris Daerah Provinsi Babel Dr Yan Megawandi SH MSi ketika menerima kunjungan Tim Penilaian Pemanfaatan Hasil Toga, di ruang kerjanya di Pangkalpinang, Selasa (13/09/2016) mengatakan, keberhasilan menjadi nominasi setelah Kelompok Binaan Toga Lestari Kelurahan Sungai Daeng, Kecamatan Muntok Kabupaten Bangka Barat ditetapkan mewakili Bangka Belitung di tingkat nasional.

“Kita semua berharap Kelurahan Sungai Daeng terpilih menjadi terbaik nasional,” ujar Yan optimis.

Pada pertemuan itu, berlangsung proses tanya-jawab oleh tim penilai kepada Sekda Babel. Tim yang berjumlah tiga orang secara bergantian mengajukan pertanyaan. Setidaknya ada empat pertanyaan dan dapat dijawab lugas oleh Yan Megawandi.

Sekda mengatakan, Pemprov Babel sangat mendukung program pemanfaatan toga. Salah satunya melalui alokasi anggaran pada APBD Provinsi Babel yang dititipkan di Dinas Kesehatan.

“Pembinaan toga ke kabupaten/kota berikut sosialisasinya, serta dana binsan kelompok toga sebesar Rp 30 juta,” terangnya.

Terkait apresiasi lomba, kata Yan, Pemprov Babel bahkan telah menerbitkan Keputusan Gubernur Babel tahun 2016 tentang Pembentukan Tim Verifikasi Kegiatan Penilaian Pemanfaatan Toga tingkat Provinsi. Dilanjutkan surat keputusan mengenai penetapan pemenang pada penilaian pemanfaatan toga.

“Program ini harus terus dilakukan, karena memberikan pengetahuan kepada masyarakat mengenai aneka jenis tanaman tradisional yang bermanfaat bagi kesehatan,” paparnya.

Sekda mengakui bahwa masyarakat Babel sudah sejak lama memanfaatkan tanaman tradisional sebagai obat-obatan untuk mengobati penyakit.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Babel drg Mulyono Susanto MHSM mengatakan, kegiatan tanya-jawab Tim Penilaian Pemanfaatan Hasil Toga dengan Sekda Babel untuk mengetahui peran pemprov dalam program asuhan mandiri pemanfaatan toga.

“Baik itu kebijakan maupun peraturan apa saja yang telah dikeluarkan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” kata dia.  

Menyinggung terpilihnya Kelurahan Sungai Daeng mewakili Babel di tingkat nasional, Mulyono menuturkan bahwa keputusan diperoleh berdasarkan hasil penilaian tim toga tingkat provinsi yang mengunjungi 7 kabupaten/kota.

“Profil sudah dikirim dan sekarang mereka (tim-red) mau melihat langsung ke lapangan. Penilaiannya sesuai dengan standar Kementerian Kesehatan RI,” ujar Mulyono.

Usai tanya-jawab, Sekda Yan Megawandi menerima dua buku tentang pemanfaatan toga dan dan pelayanan kesehatan tradisional. (mms, sentosa)

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Mislam Syarifudin
Fotografer: 
Sentosa Lumban Toruan
Bidang Informasi: 
Humas

Berita

21/05/2018 | HumasKesbangpol
18/05/2018 | HumasKesbangpol
14/05/2018 | Humas Kesbangpol
02/05/2018 | HumasKesbangpol
09/04/2018 | Bidang Poldagri
02/03/2018 | Bidang Politik Dalam Ne...