FGD GNRM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Pangkalpinang -  Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK) bersama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan kegiatan Diskusi Kelompok Terpumpun (FGD/Focus Group Discussion) dengan tujuan pendalaman atas hasil pengukuran Indeks Capaian Revolusi Mental (ICRM) yang dilaksanakan di hotel Sahid Pangkalpinang. (15/11/2019)

Kegiatan tersebut dihadiri kurang lebih 30 Peserta yang mewakili masing-masing program/gerakan (melayani, bersih, tertib dan bersatu) dan berasal dari perwakilan Aparatur Sipil Negara (ASN), Akademisi/Dunia Pendidikan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Budayawan, LSM, Media dan unsur lainnya.

Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Drs. H. Tarmin yang menyampaikan sambutan dan apresiasi atas terlaksananya kegiatan FGD tersebut sebagaimana juga telah tertuang dalam Inpres No. 12 Tahun 2016 tentang Gerakan Nasional Revolusi Mental, beliau juga menyampaikan bahwa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebelumnya juga telah mendapatkan penghargaan atas capaian dalam ICRM dengan skor 75,27 dibawah Bali dan DI Yogyakarta.

Kegiatan dilanjutkan dengan paparan dari Prof. Dr. Paulus Wirutomo Narasumber Pusat dari gugus tugas GNRM. Dalam paparannya beliau menyampaikan apa itu Revolusi mental yang mana menurut beliau Revolusi Mental dapat diartikan sebagai berikut gerakan sosial yang didorong oleh pemerintah, bukan proyek pembangunan biasa, harus berguna bagi masyarakat dan harus dapat diukur hasilnya. Diakhir paparannya beliau juga menyampaikan program pemerintah periotas nasional dalam Gerakan Nasional Revolusi Mental  antara lain :

  • Instruksi Presiden Nomor 12/2016 sampai SK Gubernur Kepulauan Bangka Belitung No. 1.88.44/538/KESBANGPOL/2018
  • Membangun gugus Tugas Nasional, Provinsi dan Kabupaten/Kota
  • Pengukuran hasil RM oleh BPS
  • RPJMN 2020-2024
  • Pembumian Pancasila
  • Ekspresi Budaya Lokal (Kearifan Lokal), Moderasi Keberagaman, Kreativitas, Tata Kelola Pemerintahan, Pembangunan Keluarga, Penguatan Pusat-Pusat Gerakan RM.

Kegiatan dilanjutkan dengan paparan dari Yodie Indrawan, S.STp., M.A Kasi Karakter Kebangsaan Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri yang memaparkan materi dengan tema Kebijakan Kementerian Dalam Negeri Dalam Pelaksanaan Revolusi Mental di daerah. Pemateri terakhir Ibu Wahyu Minarsi dari Badan Pusat Statistik yang menyampaikan materi Indeks Capaian Revolusi Mental (ICRM) tahun 2018. Setelah selesai penyampaian materi dari para narasumber kegiatan dilanjutkan dengan diskusi kelompok terpumpun (FGD/Focus Group Discussion) dengan tujuan pendalaman atas hasil pengukuran Indeks Capaian Revolusi Mental (ICRM).

Sumber: 
Kesbangpol
Penulis: 
Hendi
Fotografer: 
Hendi
Editor: 
Renaldy
Bidang Informasi: 
Kesbangpol
Error | Badan Kesatuan Bangsa dan Politik

Error

The website encountered an unexpected error. Please try again later.