Lepas Kontingen PON XIX, Ini Pesan Gubernur Babel

Air Itam, Pangkalpinang – Bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-33, kontingen Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) yang akan berlaga pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Jawa Barat, dilepas secara resmi.

Upacara pelepasan berlangsung di Gedung Mahligai Serumpun Sebalai Rumah Dinas Gubernur di Air itam, Pangkalpinang, Jum'at (09/09/2016).

“Kami meletakkan harapan yang besar di pundak para kontingen dalam membawa marwah Bangka Belitung,” pesan Gubernur Babel Rustam Effendi diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Yan Megawandi.

Dikatakan gubernur, Pemprov Babel terus mendorong akselerasi pembangunan di segala bidang termasuk olahraga. Langkah ini dilakukan tidak sekadar dalam konteks memasyarakatkan olahraga, lebih dari itu adalah mendorong olahragawan untuk menghasilkan prestasi.

“Ke depan, perlu sinergi, koordinasi serta komunikasi lebih baik lagi, supaya prestasi para olahragawan kita makin lama makin bagus," ujarnya.

Saat ini, menurut gubernur, pemerintah daerah telah berupaya mendorong pembangunan olahraga dengan kemampuan anggaran yang ada. Bahkan eksekutif sudah mencoba menganggarkan, walapun hasil akhirnya belum memuaskan banyak pihak.

"Pemerintah daerah telah berusaha dan bersungguh-sungguh dalam memberikan fasilitas sesuai dengan kemampuan,” papar Yan Megawandi.

Sementara itu Ketua Umum KONI Babel Dharma Sutomo SH MH mengaku pihaknya melakukan banyak upaya untuk menyiapkan atlet agar berprestasi di PON XIX Jabar. Bahkan anggaran yang telah digunakan mencapai Rp 10,5 miliar.

Para atlet yang akan mengikuti PON, cerita Momo, sapaan akrab Dharma Sutomo, telah mengikuti Training Center (TC) di beberapa daerah. Juga melakukan sparing dengan sejumlah tim dari daerah lain.

"Seperti tim sepak bola yang berhasil mengalahkan tim sepak bola PON DKI Jakarta," ujarnya.

Dia juga berjanji memberikan bonus bagi para atlet berprestasi. Peraih medali emas akan mendapatkan bonus sebesar Rp 150 juta, perak Rp 75 juta, dan perunggu Rp 25 juta. Sedangkan untuk peraih emas bagi atlet beregu seperti sepakbola berhak atas bonus sebesar Rp 700 juta.

Pemberian bonus, ungkap Momo, bertujuan untuk menambah semangat para atlet yang akan berlaga nanti. Dia berharap Babel mampu mendulang lima medali emas dan menempati posisi 20 besar pada PON XIX Jabar tahun 2016.

Sebelumnya, Ketua Kontingen Babel Apik Chakip Rasjidi mengatakan, dirinya membawa sebanyak 91 atlet yang akan turun di 20 cabang olahraga. Yakni atletik, golf, biliar, catur, sepak bola, karate, pencak silat, voli pantai, basket, selam, judo, panjat tebing, balap motor, binaraga, senam, menembak, tenis lapangan, taekwondo, tinju dan dayung.

Saat ini, kata Apik, para atlet, official dan pelatih dalam kondisi sehat dan stamina prima. (cdr)

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
M Chandra Yusuf
Fotografer: 
M Chandra Yusuf
Bidang Informasi: 
Humas