Partisifasi Masyarakat dalam Menghadapi Pilkada 2020

Muntok - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bekerjasama dengan Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bangka Barat melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Undang-Undang Pilkada yang dilaksanakan di Hotel Pasadena Kecamatan Muntok Kabupaten Bangka Barat dengan tema “Dengan Semangat Persatuan dan Kesatuan Kita Sukseskan Pilkada Serentak tahun 2020” yang dihadiri ± 70 Peserta yang terdiri dari Pelajar SMA/Sederajat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Anggota Partai Politik serta Organisasi Masyarakat di Kabupaten Bangka Barat. (04/03/2020)

Kegiatan dibuka oleh Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Drs. H. Tarmin yang dalam sambutannya menyampaikan Pemilihan Kepala Daerah merupakan salah satu pilar demokrasi sebagai wahana perwujudan kedaulatan rakyat untuk menghasilkan Pemerintah Daerah yang Demokratis. Pemerintah Daerah yang dihasilkan dari Pemilihan Kepala Daerah diharapkan dapat menjadi Pemerintah Daerah yang mendapatkan legitimasi yang kuat dan amanah. Beliau juga menyampaikan pentingnya pelaksanaan kegiatan sosialisasi Undang-Undang Pilkada untuk dapat mensukseskan Pilkada serentak tahun 2020 ini yang mana di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kabupaten Bangka Barat merupakan salah satu daerah yang akan melaksanakan Pilkada serentak. Oleh karena itu partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Kepala Daerah merupakan legalitas penyelenggaraan pemilihan Kepala Daerah, partisipasi Masyarakat dalam pelaksanaan Pilkada perlu untuk terus ditingkatkan karena partisipasi masyarakat merupakan salah satu indicator tingkat kesadaran Masyarakat dalam Politik.

Kegiatan dilanjutkan dengan paparan dari beberapa narasumber antaralain Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Bangka Barat Drs. Yusup Yudono yang menyampaikan tentang peran pemerintah daerah dalam menghadapi PEMILUKADA serentak tahun 2020, Ketua KPU Kabupaten Bangka Barat Pardi yang menyampaikan materi tentang Sosialisasi Tahapan Pemilihan BUpati dan Wakil Bupati Bangka Barat tahun 2020 dan Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Barat Rio Febri Fahlevi dengan materi Penanganan Pelanggaran Administrasi dan Pidana dalam Pelaksanaan Pilkada Kabupaten Bangka Barat tahun 2020.

Sumber: 
Kesbangpol
Penulis: 
Ndi
Fotografer: 
Binsr
Editor: 
Sekretaris Badan
Bidang Informasi: 
Kesbangpol
Error | Badan Kesatuan Bangsa dan Politik

Error

The website encountered an unexpected error. Please try again later.