Pembuatan Penetapan Angka Kredit dengan Mail Merge

 Sebelumnya sering terdapat kesalahan dalam pembuatan Penetapan Angka Kredit bagi Jabatan Fungsional Tertentu, karena hal tersebut Penulis berpikir bagaimana cara agar bisa memanfaatkan fasilitas office yang mungkin sekarang mudah kita jumpai di komputer kerja kita pada pembuatan Penetapan Angka Kredit Penulis memanfaatkan fasilitas Mailings yang mana arti mailing itu sendiri sudah pernah Penulis jelaskan pada artikel sebelumnya dengan judul Mudahnya Bekerja dengan Mail Merge.

Kenapa Penulis menggunakan Mailings dalam melakukan pembuatan Penetapan Angka Kredit, pertama karena aplikasi ini mudah digunakan yang sudah tersedia di Office Word dan untuk menghindari terjadinya kesalahan dalam penjumlahan, sebagai contoh Penetapan Angka Kredit Penulis akan membuat contoh PAK Tenaga Jabatan Fungsional Perawat.

Langkah-langkah yang kita perlukan untuk membuat Penetapan Angka Kredit dengan Mailings adalah sebagai berikut :

1. Membuat konsep PAK pada Microsoft Word seperti contoh dibawah ini

2. Buatkan data source Penetapan Angka Kredit yang diperlukan untuk mengisi Form yang kosong pada konsep yang sudah kita buat

Warna dan nama kolom yang Penulis gunakan hanya untuk mempermudah Penulis saja, tetapi warna gelap yang penulis gunakan menandakan bahwa baris atau kolom tersebut menggunakan rumus standar excel seperti : sum dan rumus penjumlah letakkan kursor pada PENDIDIKAN 1C ketikkan ” =Q2+R2 “ yang mana artinya ” =PENDIDIKAN1A+PENDIDIKAN1B “ . disini Penulis menyimpan File dengan nama meimei

3. Langkah selanjutnya adalah memasukkan data source yang kita buat ke dalam konsep Penetapan Angka Kredit

4. Pada mailings tab grub, klik start Mail Merge

5. Pada Start Mail Merge, Klik Step by Step Mail Merge Wizard…

6. Ikuti langkah berikut seperti gambar dibawah ini, Kemudian Klik Next : Starting Document.

7. Ikuti langkah berikut seperti gambar dibawah ini, Kemudian Klik Next : Select receptients.

8. Klik Browse…, Seperti gambar dibawah ini

9. Pilih database yang sudah kita simpan sebelumnya

10. Sekarang kita akan menempatkan data dari database sesuai dengan tempat yang sudah kita sediakan

11. Setelah selesai memasukkan data, Klik Preview Results untuk melihat yang kita input

12. Setelah semua data sudah sesuai dengan yang kita inginkan klik Finish & Merge, Pilih Print Documents…

13. Print dokumen sesuai dengan halaman yang kita inginkan

Sekian pembahasan Penulis tentang Pembuatan Penetapan Angka Kredit dengan Mail Merge, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Pembaca semua, Penulis mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata dan kalimat. Semoga artikel ini dapat berkenan dihati dan Penulis ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Penulis: 
Rohendi, A.Md
Sumber: 
Badan Kesatuan Bangsa dan Politik