Penguatan Fungsi Kelompok Kerja Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Pangkalpinang, Bangka-Kelompok Kerja Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan kegiatan penguatan fungsi kelompok kerja IDI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang kegiatannya dilaksanakan pada hari Selasa, 11 April 2017 bertempat di Sun Hotel Jl. Toniwen No 12 Kelurahan Bintang Pangkalpinang. Kegiatan dihadiri sekitar 30 peserta, yang terdiri dari Apartur Sipil Negara (ASN), akademisi, jurnalis, media massa, tokoh masyarakat, LSM, LIDAL dan KPPI.

Rapat Kelompok Kerja dipimpin dan dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda)         Dr. Yan Megawandi, S.H., M.Si selaku Ketua Kelompok Kerja Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dalam sambutannya Yan Megawandi menyampaikan IDI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terjadi penurunan yang pada tahun 2014 IDI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencapai 75,32 dan menurun pada tahun 2015 dengan nilai 72,31.

Kegiatan ini juga diisi oleh Narasumber dari United Nations Development Programme (UNDP) Syarif Hidayat, Phd, beliau menyampaikan materi Peran Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) dalam Pembangunan Demokrasi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dirinya juga menyampaikan prinsip-prinsip dasar IDI antara lain :

  1. IDI hanya mengukur Demokrasi Politik;
  2. IDI hanya mengidentifikasi perkembangan demokrasi di tingkat Provinsi;
  3. IDI mengukur perkembangan demokrasi dari dua sisi peran Negara (pemerintah) dan masyarakat;
  4. IDI bukan tujuan akhir tetapi alat untuk mencapai tujuan akhir melalui pemanfaatan indeks yang telah dihasilkan.

Dalam penyampaiannya juga Beliau menyampaikan tujuan dan target pemanfaatan IDI baik jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang.

Melalui forum ini Kelompok Kerja IDI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menentukan rencana aksi kegiatan untuk meningkatkan IDI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung baik dalam aspek kebebasan sipil, hak-hak berpolitik dan lembaga demokrasi antara lain dengan cara meningkatkan pendidikan politik bagi kaum perempuan, mengoptimalisasi media warga (e-Aspirasi) tidak lupa juga Yan Megawandi mengingatkan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk mengoptimalisasi peran serta media online pengaduan masyarakat atau Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). Yan Megawandi mengharapkan melalui Forum ini setiap kelompok kerja dapat berpartisipasi dan dapat meningkatkan IDI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kedepannya.

Sumber: 
Bidang POLDAGRI
Penulis: 
Hendi
Fotografer: 
Ahmad Barubi
Editor: 
Iqbal
Bidang Informasi: 
Kesbangpol
Error | Badan Kesatuan Bangsa dan Politik

Error

The website encountered an unexpected error. Please try again later.