Rakor Kesiapan Pelaksanaan Pemilu 2019

Belitung, 21 Januari 2109 – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Kesiapan Pelaksanaan Pemilu 2019 dengan tema “Ayo Memilih ! Pemilih Berdaulat Negara Kuat“. Kegiatan tersebut dilaksanakan di BW Suite Jl. Pattimura Tanjung Pandan Kabupaten Belitung.

Peserta yang menghadiri kegiatan tersebut berjumlah ± 150 Peserta dan Undangan terdiri dari unsur Forkopimda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Forkopimda Kabupaten Belitung, Forkopimda Kabupaten Belitung Timur, Bupati dan Walikota se- Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, KPU dan Bawaslu beserta Komisioner se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Camat se-Kabupaten Belitung dan Belitung Timur, Kapolres se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kapolsek se-Kabupaten Belitung dan Belitung Timur, Kepala Kesbangpol se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Kepala Desa/Lurah se-Kecamatan Tanjung Pandan.

Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Dr. H. Erzaldi Rosman, S.E., M.M di dalam sambutannya beliau menyampaikan tentang pentingnya kegiatan Rapat Koordinasi Kesiapan Pemilu dalam menyambut pesta demokrasi Pemilu 2019 yang akan dilaksanakan pada 17 April 2019, agar pesta demokrasi berlangsung dengan aman dan damai. Beliau juga mengajak semua peserta untuk menciptakan suasana yang aman, damai dan tentram dalam menghadapi Pemilu 2019. Beliau juga menambahkan sampai saat ini di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung belum ada hal atau kegiatan yang menonjol pada persiapan pelaksanaan Pemilu 2019. Namun, antisipasi bagi pihak-pihak terkait harus tetap dilakukan agar pemilu dapat terlaksana dengan tertib dan sukses.

Didalam sambutannya juga beliau menyampaikan terkait Indeks Demokrasi Indonesia di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang pada tahun 2016 berada pada peringkat kedua dengan nilai 83,00 dan pada tahun 2017 IDI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung turun berada di posisi keempat di bawah Kalimantan Utara dengan nilai 80,11 hal tersebut dikarenakan banyaknya berita hoaks yang beredar di Media Sosial.

Kegiatan Rapat Koordinasi ini juga diisi oleh Kapolda Kepulauan Bangka Belitung BRIGJEN POL. Drs.Istiono, M.H. dengan materi paparan Dalam Rangka Kesiapan Pelaksanaan Pemilu 2019, KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Davitri, S.Pd dengan materi paparan Persiapan KPU dalam Pemilu 2019 dan Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Edi Irawan, S.Ad dengan materi paparan Hasil Pengawasan Pemilu Dan Kesiapan Bawaslu Pada Pemilu 2019.

Di akhir kegiatan Rapat Koordinasi Kesiapan Pelaksanaan Pemilu tahun 2019 kegiatan tersebut ditutup oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Drs. H. Tarmin, M.Si.

Sumber: 
Kesbangpol
Penulis: 
Hendi
Fotografer: 
Kesbangpol
Editor: 
Renaldy
Bidang Informasi: 
Kesbangpol

Berita