Siswa SMA Target Peningkatan Wawasan Kebangsaan

Pangkalpinang – Siswa SMAN 1 Kelapa, Kabupaten Bangka Barat menjadi target peningkatan wawasan kebangsaan. Pasalnya anak usia sekolah dinilai masih labil, sehingga perlu pembinaan. Selain mendapatkan pembekalan mengenai wawasan kebangsaan, sejumlah siswa tersebut juga diberikan pengetahuan agar tidak terjebak kasus penyalagunaan narkoba.

M Aris Kepala Bidang Bina Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjelaskan, kegiatan yang melibatkan Kepengurusan Pendidikan Wawasan Kebangsaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini diharapkan dapat meningkatkan jiwa kebangsaan generasi muda.

Upaya tersebut dapat dilakukan mulai dari lingkungan terkecil seperti keluarga dan lingkungan sekolah. Ia menambahkan, saat ini sedikit mengalami penurunan pemahaman mengenai nilai-nilai wawasan kebangsaan. Berangkat dari persoalan ini, peningkatan wawasan kebangsaan harus dilakukan sejak usia dini.

“Anak-anak di sekolah taman kanak-kanak juga sudah bisa dibekali pengetahuan wawasan kebangsaan. Namun sementara ini, Badan Kesbangpol hanya mempunyai program pembekalan wawasan kebangsaan untuk SLTP, SLTA dan perguruan tinggi,” jelasnya saat ditemui di Badan Kesbangpol Bangka Belitung, Rabu (1/11/2017).

Memberi pengetahuan wawasan kebangsaan tidak hanya menjadi tugas Badan Kesbangpol Babel. Menurutnya, semua pihak mempunyai kewajiban menanamkan nilai-nilai kebangsaan. TNI dan Polri juga telah melakukan langkah-langkah peningkatan jiwa kebangsaan bagi generasi muda. Salah satu tujuannya, untuk mengarahkan generasi muda bertingkah laku baik.

Kesempatan tersebut juga dimanfaatkan Polda Kepulauan Bangka Belitung mensosialisasikan tindakan anti narkoba. Ia mengatakan, penyebaran narkoba sudah sangat luas dan menyentuh hingga pelosok daerah. Anak-anak usia sekolah harus waspada terhadap penyalagunaan narkoba. Sebab penyalagunaan narkoba dapat menghancurkan penggunanya.

“Cita-cita yang ingin dicapai siswa akan gagal jika sudah terjerat kasus penyalagunaan narkoba. Salah satu langkah mengantisipasi kasus penyalagunaan narkoba yaitu, anak-anak harus menjauhi tindakan atau tingkah laku kenakalan remaja. Generasi muda hendaknya dapat membantu menciptakan situasi kondusif,” tegasnya.

Sumber: 
Humas Kesbangpol
Penulis: 
Huzari
Fotografer: 
Bidang Bina Ideologi dan Wawasan Kebangsaan
Editor: 
Redaksi Kesbangpol
Bidang Informasi: 
Humas