Pelajar Bangka Selatan Menerima Pemahaman Sosialisasi UU Mengenai Politik

Toboali – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bekerjasama dengan Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bangka Selatan melaksanakan kegiatan Sosialisasi Undang Undang Mengenai Politik di Wendy Coffe & Friends Toboali Kabupaten Bangka Selatan. (31- Juli 2019)

Kegiatan ini diikuti ± 60 Peserta yang terdiri dari Pelajar yang tergolong dalam pemilih pemula pada pelaksanaan pesta demokrasi baik itu Pilpres, Pileg dan Pilkada. Kegiatan ini dibuka oleh Rinaldy selaku Kepala Bidang Politik Dalam Negeri Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang mewakili Kepala Badan.

Kegiatan Sosialisasi Undang Undang Politik ini diisi oleh beberapa narasumber yang memiliki kompetensi dibidangnya masing-masing. Narasumber pertama diisi oleh Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Bangka Selatan yang menyampaikan materi tentang peran Pemerintah Daerah dalam pelaksanaan Pesta Demokrasi, beliau menyampaikan tentang peran Pemerintah Daerah dalam pelaksanaan Pemilu yang tercantum didalam UU No 7 Tahun 2017 seperti Penugasan personel pada Sekretariat PPK, Panwaslu Kecamatan, dan PPS; Penyediaan sarana ruangan sekretariat PPK, Panwaslu Kecamatan dan PPS; Pelaksanaan Sosialisasi terhadap peraturan perundang-undangan Pemilu; Pelaksanaan pendidikan politik bagi Pemilih untuk meningkatkan partisifasi masyarakat dalam Pemilu; Kelancaran transportasi pengiriman logistik; Pemantauan kelancaran Penyelenggaraan Pemilu; serta Kegiatan lain yang sesuai dengan kebutuhan pelaksanaan Pemilu.

Materi yang kedua disampaikan oleh Sahirin selaku Ketua KPU Kabupaten Bangka Selatan yang memaparkan materi tentang Pemilih Pemula, yang dalam paparannya beliau mengajak peserta untuk memahami Apa itu Pemilu ?, Apa Manfaat Pemilu ?, Sejarah Pemilu di Indonesia ?, Bagaimana Pemilu diselenggarakan ?, Bagaimana Caranya Menjadi Pemilih ?, dan Bagaimana Berpartisifasi dalam Pemilu ?.

Materi yang terakhir disampaikan oleh  Rahmad Nadi selaku Komisioner KPU Kabupaten Bangka Selatan, yang memaparkan materi tentang Daftar Pemilih. Beliau menyampaikan tentang Apa Itu Pemilih ?, Apa Itu DPT ?, SIDALIH, Rekap DPT Nasional serta Proses ditetapkannya DPT itu sendiri.

Sumber: 
Kesbangpol
Penulis: 
Hendi
Fotografer: 
Hendi
Editor: 
Kabid Poldagri
Bidang Informasi: 
Kesbangpol
Error | Badan Kesatuan Bangsa dan Politik

Error

The website encountered an unexpected error. Please try again later.